Latest News :

Cara Mengendalikan Penyakit Bular Mata/ Katarak pada Kambing

Posted by



Salah satu penyebabnya yang mungkin menyebabkan penyakit bular mata (selaput/katarak) pada kambing adalah karena bakteri dan virus. Penyakitnya dinamakan radang selaput mata atau ping eye.

Mula-mula mata kambing terinfeksi oleh bakteri dan atau virus. Infeksi itu bisa menyebabkan mata kambing berair, kemerahan pada bagian yang putih dan kelopaknya,lalu matanya bengkak dan lama kelamaan kornea matanya menjadi keruh atau tertutup lapisan putih.
Infeksi mata kambing seperti itu sering terjadi pada ternak yang mengalami perjalanan jauh. Penyakit ini dapat menular. Ternak yang sakit mata sebaiknya dipisahkan dari ternak yang masih sehat.

Masa inkubasi penyakit ini adalah 2-3 hari, tetapi dapat juga sampai 3 minggu. Pada proses inkubasi itu, mata kambing bisa basah dan lebih sering tertutup. Bulu mata sering melekat, akibatnya kambing akan sulit mengambil pakannya dengan baik. Kondisi ini menyebabkan penurunan bobot badan dengan cepat.

Penularan pink eye dapat terjadi melalui kontak dengan ternak terinfeksi, serangga (lalat), rumput dan percikan air yang tercemar. Penyakit ini juga sering terjadi pada musim panas karena banyaknya debu dan meningkatnya populasi lalat Musca autumnalis sebagai vektor. Perubahan cuaca yang mendadak, terlalu padatnya ternak dalam kandang juga dapat memicu terjadinya penyakit ini.

Pengobatan hendaknya dilakukan sedini mungkin dengan memberikan antibiotika seperti tetrasiklin atau tylosin. Salep mata atau larutan yang mengandung antibiotika seperti chloramphenicol, oxytetracycline dan campuran penicilin-streptomycin. Bisa juga dioleskan salep terramycin 0,1 %. Biasanya mata kambing akan sembuh dalam 1-2 minggu. ( cp )

Share this Post :

1 comments: