Latest News :

Kecibeling (Strobilanthes crispus) Penggempur Batu Ginjal

Posted by

Tanaman Kecibeling (Strobilanthes crispus BL) potensial untuk mengatasi batu ginjal. Daun tanaman ini mengandung kalium sebesar 63,64 % yang dapat berfungsi untuk menghancurkan batu yang terdapat pada ginjal ataupun kantong kemih.
Batu ginjal dapat disebabkan oleh antara lain terlalu lama menahan buang air kecil sehingga air seni menjadi pekat, kurang banyak meminum air putih, kekurangan vitamin A dan kelebihan vitamin D.
Faktor makanan juga berpengaruh, misalnya memakan makanan yang mengandung banyak asam urat seperti emping melinjo, jeroan, bayam, sehingga resiko terbentuknya batu asam urat dalam ginjal dan saluran kemih meningkat.
Penyakit batu ginjal merupakan penyakit kronis akibat terbentuknya batu yang menghambat saluran ginjal dan kantong kemih. Batu yang mengendap dalam ginjal dan saluran kemih sangat beragam jenisnya, di antaranya yaitu batu kalsium oksalat dan batu kalsium karbonat yang mengandung kapur, serta batu asam urat dan sistin yang tidak mengandung kapur.
“Dalam pengobatan tanaman ini dapat digunakan dalam bentuk bahan tanaman segar, simplisia, seruk maupun ekstrak kering dalam kapsul,” terang Feri Manoi, Ahli Peneliti Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro).
Selain mengandung 63,64% kalium dalam daunnya, kecibeling juga mengandung asam silikat dan kalsium serta beberapa senyawa lain seperti saponin, flavonoid, glikosida, sterol, golongan terpen dan lemak. Selain itu, daun kecibeling juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, karena mengandung vitamin A, B1 dan B2 yang cukup tinggi dan juga mengandung katekin dan tannin. ( cp )

Share this Post :

0 comments: