Latest News :

Penyampaian LKPJ-AMJ Bupati Tahun 2005-2010

Posted by



Rapat paripurna Istimewa DPRD dalam rangka penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten kebumen terhadap laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan ( LKPJ- AMJ) Bupati kebumen, berlangsung, Hari Kamis ( 8/4) bertempat di aula DPRD Kebumen. Rapat dihadiri ketua , wakil ketua dan anggota DPRD , Sekda, serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kebumen.

Bupati Kebumen KH Nashiruddin Al Mansyur dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kajian dan rekomendasi DPRD, terhadap LKPJ AMJ Bupati tersebut. Rekomendasi tersebut sekaligus juga mencerminkan perhatian, dukungan dan harapan DPRD Kabupaten kebumen, terhadap pelaksanaan Pembanguan di Kebumen. Catatan - catatan strategis tersebut nantinya kan menjadi masukan dan referensi berharga, untuk pelaksanaan pembangunan di masa mendatang.

Beberapa catatan tersebut antara lain terkait dengan belum terserapnya sejumlah anggaran, bahkan masih jauh dari yang ditargetkan. DPRD meminta agar perencanaan alokasi anggaran dilakukan secermat mungkin, sehingga tidak terjadi sisa anggaran yang cukup besar, karena perencanaan yang kurang matang. DPRD juga meminta apabila diperkirakan SKPD tidak mampu melaksanakan kegiatan sampai dengan tutup akhir tahun anggaran, baik karena alokasi waktu yang tidak cukup , atau alas an teknis dan administrative lainnya, supaya tidak memaksakan diri mengajukan anggran , terutama pada saat penyusunan Perubahan APBD yang memang waktunya relative terbatas.

Selain maslah perencanaan, beberapa bidang yang banyak dicermati antara lain bidang pendidikan seperti agar lebih dioptimalkan pemantauan dan monev dana BOS dan DAK , serta pelaksanaan program pendidikan non formal dan pendidikan usia dini ( PAUD). Untuk bidang kesehatan antara lain perlu ditingkatkannya layanan kesehatan bagi warga miskin, baik secara kualitas maupun kuantitas, peningkatan layanan gizi, dan pemerataan layanan kesehatan hingga daerah terpencil . Sedangkan bidang pekerjaan umum lebih banyak mencermati perlunya peningkatan pemeliharaan jalan, yang tentunya juga harus diimbangi dengan system pengawasan batasan beban maksimal .

Sementara itu Sekretaris DPRD Kabupaten Kebumen Sutjipto Nugroho,SE mengatakan, Badan Musyawarah DPRD Kabupaten kebumen juga telah menjadwalkan berbagai agenda kegiatan pada bulan ini. Agenda yang tertuang dalam Keputusan Banmus DPRD Nomor I : 170/ 5/BAMUS-DPRD/ 2010 tersebut adalah : Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi LKPJ-AMJ Bupati Kebumen Tahun 2005-2010 ( 8 April 2010), Rapat Paripurna Internal DPRD tentang Penetapan Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten kebumen, dimana hal tersebut sesuai dengan PP 16/2010 ( 13 April 2010), Rapat Paripurna DPRD tentang Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus I DPRD Kebumen ( 27 April 2010) serta pada tanggal 29 April 2010 rencananya akan digelar Rapat Paripurna DPRD Kabupaten kebumen tentang Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi dan pengambilan Keputusan terhadap 7 Raperda. (copas)

Share this Post :

0 comments: