Latest News :

Koordinator

Posted by



VANNA MANGGALA mengatakan...
Kampung halaman tdk akan terlupan walupun jauh diujung dunia manapun, saya sendiri sangat setuju sekali pembangun desa perlu peran dari kita semua, terus terang saya saat ini baru berperan dalam kelompok kecil bidang keagamaan, dan ada rencana mengembangkan ke arah pemberdayaan pemuda tpi masih terkendala kordinasi atau motor penggerak didesa blm terlaksana. mudah2an desa wonoharjo tambah maju Amin

Saat membaca komentar dari saudara kita ini, ada poin penting mendasar yang dapat dicermati dalam upaya mewujudkan suatu pembangunan desa yakni KOORDINATOR. Ibarat orang punya hajat/keinginan, tidaklah cukup hanya bermodal akan niat semata. Walaupun niat kita baik dan sudah kita sampaikan ke orang lain, namun belum tentu orang lain mau dan mendukung niat kita tersebut.
Disinilah koordinasi dan komunikasi penting perannya dalam upaya menyukseskan niat dan hajat / keinginan kita bersama sehingga tercapai tujuan yang diinginkan yakni kemajuan bersama.
Dalam berkoordinasi dan komunikasipun tidak akan jalan tanpa adanya koordinator yang komunikatif dalam menjembatani sebuah gagasan/ idea tersebut. Seorang koordinator juga harus bisa berfungsi sebagai moderator bagi semua kalangan masyarakat yang saat ini lebih kritis dan kreatif. Hal ini guna menghindari konflik horisontal atau akses2 yang akan timbul bila seorang koordinator lebih mengedepankan kepada kekelompokan atau arogansi semata.
Koordinator yang moderat tidak hanya memikirkan tujuan sesaat saja namun tujuan jangka panjang yang bisa mengakomodir semua kalangan.

Hal ini pernah kami bicarakan dalam forum tidak resmi 'dablongan' dengan seorang tokoh pejuang kerakyatan (weleh2) yakni kang untung yang membahas tentang seorang koordinator meski tidak ada keputusan yang tertuang dalam surat keputusan maupun memorandum. ( maaf tulisane mulai ngaco, qqqqq........ )

Nah, monggo buat siapa saja yang punya ide atau gagasan yang baik dan bermanfaat untuk kemajuan desa wonoharjo bisa 'dablongan' melalui chating ataupun bisa disampeken melalui email ke : desawonoharjo[at]gmail[dot]com

Share this Post :

0 comments: