Latest News :

Minim Dana Pilkades Sepi

Posted by

Pemilihan Kepala Desa 2013 (Pilkades) Desa Wonoharjo merupakan periode ke III yang diselenggarakan di Wilayah Kabupaten Kebumen. Pilkades bakal digelar pada 29 Juni 2013, dengan total calon pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap sejumlah 3640 ribu pemilih, dimana harapannya bisa berlangsung secara damai dan tentram tanpa ada gejolak yang dapat merugikan bersama.
Untuk pelaksanaan pilkades, menurut Kasubag Tata Pemerintahan dan Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Setda kebumen Eko Purwanto,SSTP, besaran bantuan setiap desa masih sama dengan tahun 2012. yakni sebesar Rp 10 juta yang diambil dari dana APBD.
Dari dana Rp. 10 Juta ini, alokasi biaya lebih diutamakan kepada proses pelaksanaan pemilihan kepala desa dari tahap penjaringan bakal calon hingga tahapan penetapan calon terpilih.
Berbeda dari 5 tahun sebelumnya, penjaringan Bakal Calon Kepala Desa Wonoharjo tahun ini sepi peminat. Hal ini terlihat dari masa penjaringan bakal calon hanya 2 orang yang mendaftar pada tenggang waktu akhir penutupan masa penjaringan. Inipun setelah PPK menyepakati aturan bahwa proses pemilihan kepala desa yang tidak harus dengan biaya mahal.
Minimnya dana anggaran masing-masing peminat bakal calon kepala desa menjadi dilema tersendiri bagi warga calon pemilih. Keterbatasan dana inipula yang menjadikan nuansa pesta demokrasi tinggkat desa yang terasa kurang greget dibanding dengan desa-desa lain di wilayah kabupaten Kebumen.
Istilah politik uang nyaris tidak ada pada masing-masing bakal calon kepala desa yang mendaftar nantinya dalam tahapan proses pemilihan hingga penetapan kepala desa.
Disisi lain menjadi pembelajaran penting bagi warga desa Wonoharjo bahwa proses demokrasi tidak selamanya tergantung pada wuwur / uang yang umumnya sudah menjadi tradisi pada periode-periode sebelumnya.
Visi dan Misi calon kepala desa menjadi agenda penting masing-masing kandidat dalam mensosialisasikan kepada warga pemilih yang mana 65 % adalah orang tua dengan tingkat pendidikan yang rendah.
Keterlibatan aparat desa diharapkan pula bisa mensukseskan agenda demokrasi ini dalam mensosialisasikan kepada warga pemilih.
Namun demikian partisipasi masyarakat diharapkan bisa andil dalam mensukseskan Pilkades tahun ini.

Share this Post :

0 comments: